Home » » Calo dan Pungli di Pelabuhan Sibolga Masih Marak

Siarlingkungan.Com // Sibolga - Maraknya calo di pelabuhan Sibolga  Provinsi Sumatera Utara telah meresahkan dan merusak kenyamanan penumpang. Setiap penumpang yang akan masuk ke pelabuhan atau yang baru turun dari kapal, langsung diserbu para calo.

Para calo menawarkan bus atau tukang ojek, mereka juga kerap menarik dan merebut barang bawaan penumpang.

"Belum tahu kita mau ke mana, bawaan kita main angkut aja. Kata-kata calo juga berbau intimidasi ke penumpang," kata seorang penumpang dari Pekanbaru tersebut.

Harga tiket resmi untuk anak-anak dari pihak pengelola pelabuhan/Temamano Zebua/Siarlingkungan.Com
Tak hanya Calo, Praktik pungutan liar di Pelabuhan Sibolga yang belum lama ini diungkap tim saber pungli Mabes Polri dan Polda Sumut, ternyata tidak membuat jera para pelaku pungli, khususnya terhadap para penumpang yang masih marak dan terus berkeliaran di daerah sekitar Jln. Horas tersebut.

Dari pantauan wartawan Siarlingkungan.com,  dari pihak pengelola pelabuhan harga tiket resmi kapal belanak dari sibolga menuju pulau nias hanya Rp. 6.6000,- untuk dewasa dan Rp. 33.000,- untuk anak anak.

Sementara dari calo dan beberapa agen, harga tiket mencapai Rp. 90.000,- hingga Rp. 120.000,- .Harga itu semua berbeda-beda di masing-masing agen.


Harga tiket resmi untuk dewasa dari pihak pengelola pelabuhan/Temamano Zebua/Siarlingkungan.Com
Seorang agen yang tidak bersedia menyebutkan identitasnya, Kamis (12/1/2017) mengatakan bahwa mereka ada izin dari pihak pengelola pelabuhan.

Beberapa menumpang jurusan Sibolga-Nias sangat mengeluhkan harga tiket yg jauh melebihi harga tiket resmi dari pihak pengelola pelabuhan.

"besar kali harga tiketnya, ditambah lagi kita membayar uang pas di pintu pemeriksaan sebesar 6000 per orang"

Seorang penumpang tersebut berharap kepada pemerintah setempat dan tim saber pungli Mabes Polri dan Polda Sumut agar menertipkan pungli di kota sibolga ini.





Penulis : Temamano Zebua
Editor : Ferlin

Tags:

0 komentar to "Calo dan Pungli di Pelabuhan Sibolga Masih Marak"

Posting Komentar