Home » » Pancasila Cuma Jadi Alat Kekuasaan



Jaman Sekarang, Pancasila Cuma Jadi Alat Kekuasaan


Sebagai Falsafah bangsa, Pancasila ternyata cuma dijadikan alat legitimasi melanggengkan sebuah rezim kekuasaan. Bahkan, di masyarakat Indonesia sendiri, keberadaan Pancasila juga makin kurang membumi dan terkikis oleh faham-faham impor dari luar, seperti kapitalis dan liberal.

Agus Condro, salah seorang tokoh nasional yang saat ini aktip dalam pergerakan anti korupsi mengatakan, sejauh ini Pancasila tidak secara optimal tertanam pada diri dan jiwa anak-anak bangsa.

Sehingga tak heran jika saat ini kondisi bangsa sendiri sudah dalam keadaan kritis dan diambang dekandensi penurunan nilai budaya.

Menurut Agus, berbagai persoalan yang muncul di masyarakat, mulai dari korupsi, nepotisme, kolusi serta anarkisme yang begitu marak, semua itu berbasis kepada kurangnya bagaimana mengamalkan Pancasila itu sendiri.

“Tidak heran bila saat ini kondisi bangsa kita sudah kritis diambang dekadensi penurunan nilai budaya,” kata Agus, disela diskusi pembasisan Pancasila, yang diselenggarakan Forum Silaturahmi Layar (Forsil), di Kampung Babakan, Kelurahan Bonang, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang,
Tampak hadir juga dalam acara tersebut tokoh nasional, seperti Romo Heribertus seorang rohaniwan, KH. Khozinul Asror dari Ulama, Sudaryanto salah seorang tokoh pergerakan kebangsaan, serta Ketua Forum Silaturahmi Layar (Forsil) Radiati, disamping  para tokoh lokal, seniman, serta guru-guru  se-Kabupaten Tangerang.

Sementara, Ketua Forsil Radiati mengatakan, berdiskusi dan membicarakan Pancasila ini menjadi hal yang sangat penting, apalagi setelah terkuak bahwa Pancasila hanyalah dipakai sebagai alat legitimasi melanggengkan sebuah rezim kekuasaan.

”Pembasisan Pancasila di kalangaan dunia pendidikan ini diharapkan akan lebih cepat pengembangannya, karena profesi ini sangat dekat dengan proses belajar mengajar dan mendidik generasi penerus
Sementara itu, Ketua Padepokan Karang Tumaritis Ananta Wahana mengatakan, padepokannya sebagai salah satu sarana untuk membangun kader-kader anak bangsa yang berbasis kepada jiwa Pancasialis, melalui berbagai kegiatan diskusi dan seni budaya.

Tags:

0 komentar to "Pancasila Cuma Jadi Alat Kekuasaan"

Posting Komentar